Senin, 04 Mei 2015

Makalah tentang Lampu AHO

MAKALAH
TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR
“TEKNOLOGI SISTEM PENERANGAN ( AUTOMATIC HEADLIGHT ON )”
Description: Description: Description: Description: Description: Description: D:\Zidni_File\dokumen lain2\Logo UNY\UNY (4).jpg







Disusun oleh   :
Khoirul Umam Fannani
14509134022
B


TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2015


KATA PENGANTAR

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Teknologi Lampu AHO (Automatic Headligt On) ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai Teknologi Lampu AHO (Automatic Headligt On). Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.












Yogyakarta, 23 Maret 2015


Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sistem kelistrikan pada sepeda motor merupakan jantungnya sepeda motor agar bisa berfungsi sebagai alat transportasi. Karena dengan adanya sistim kelistrikan tersebut maka fungsi mekanik lainnya bisa bersinergi untuk bergerak. Suatu sistem yang tidak kalah pentingnya dalam sepeda motor adalah sistem penerangan. Sistem penerangan sangat diperlukan untuk keselamatan pengendaraan, khususnya di malam hari dan juga untuk memberi isyarat/tanda pada kendaraan lainnya.
Untuk sekarang ini banyak sekali teknologi tentang sistem penerangan pada sepeda motor. Beberapa belakangan ini sepeda motor mengenanl teknologi sistem penerangan sepeda motor tentang AHO ( Automatic Headlight On ). Artinya jika mesin motor dihidupkan maka secara bersamaan lampu utama/head lamp akan ikut menyala. Sekarang ini ada peraturan pemerintah no 22 seputaran lampu utama/head lamp harus menyala ketika siang hari. Hal ini sebenarnya dilakukan oleh para produsen motor di Indonesia termasuk PT AHM, guna mendukung Safety Riding program sesuai dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang mengatakan bahwa: “Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.”

B.     RumusanMasalah
1.      Apakah pengertian sistem penerangan pada sepeda motor?
2.      Apakah fungsi sistem penerangan pada sepeda motor?
3.      Apakah pengertian teknologi AHO (Automatic Headlight On)?
4.      Bagaimana cara kerja sistem penerangan AHO (Automatic Headlight On)?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui fungsi sistem penerangan sepeda motor
2.      Untuk mengetahui cara kerja sistem pada sepeda motor
3.      Untuk mengetahui teknologi automatic headlight on
4.      Untuk mengetahui cara kerja teknologi AHO (Automatic Headlight On)

             


















BAB II
PEMBAHSAN
A.    Landasan teori sistem penerangan (lighting system)
Suatu sistem yang tidak kalah pentingnya dalam sepeda motor adalah sistem penerangan. Sistem penerangan sangat diperlukan untuk keselamatan pengendaraan, khususnya di malam hari dan juga untuk memberi isyarat/tanda pada kendaraan lainnya. Sistem penerangan pada sepeda motor dibagi menjadi dua fungsi, yaitu: sebagai penerangan (illumination) dan 2) sebagai pemberi isyarat/peringatan (signalling/warning).
Yang termasuk ke dalam fungsi penerangan antara lain:
1.      1. Headlight (lampu kepala/depan)
2.       Taillight (lampu belakang),
3.      Instrument lights (lampu-lampu instrumen).
Sedangkan yang termasuk ke dalam fungsi pemberi isyarat antara lain;
1.      Brake light (lampu rem)
2.      Turn signals (lampu sein/tanda belok)
3.      Oil pressure dan level light (lampu tanda tekanan dan level oil)
4.      Netral light (lampu netral untuk transmisi/perseneling)
5.      Charging light (lampu tanda pengisian). Tidak semua sepeda motor dilengkapi charging light.
6.      Untuk sistem yang lebih komplit, misalnya pada sepeda motor dengan sistem bahan bakar tipe injeksi (EFI) , kadang-kadang terdapat juga hazard lamp (lampu hazard/tanda bahaya), low fuel warnig (pemberi peringatan bahan bakar sudah hampir kosong), temperature warning (pemberi peringatan suhu), electronic fault warning (pemberi peringatan terjadinya kesalahan/masalah pada komponen elektronik), dan sebagainya. 



B.     Teknologi Sistem Penerangan Automatic Headligt On ( AHO )
1.      Pengertian Fitur AHO
Fitur AHO (Automatic Headlight On) adalah fitur dimana lampu utama pada motor anda akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama kali dihidupkan.Pada fitur ini, fungsi saklar pada kemudi kanan yang biasa digunakan untuk menyalakan lampu utama sengaja dihilangkan. Dan diganti dengan saklar dimmer untuk mengurangi suhu panas pada lampu depan.
2.      Manfaat Fitur AHO
Sesuai dengan komitmen produsen sepeda motor untuk turut menjamin keselamatan berkendara sekaligus mendukung program pemerintah, menyalakan lampu pada siang hari pada dasarnya akan mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara yang tidak menyadari adanya kendaraan lain di depan dan di belakangnya.Dengan adanya sinyal lampu yang diberikan, akan memudahkan pengendara lainnya untuk memahami kondisi lalu lintas sehingga dapat mengambil tindakan yang lebih aman.
3.      Cara Merawat Lampu AHO
·         Jangan membersihkan kaca lampu depan saat kondisi lampu masih panas
·         Jangan menutup lampu depan pada saat lampu sedang menyala dengan penutup, misalnya kain, jas hujan dan lain-lain.
·         Jangan menyalakan lampu bedekatang dengan penghalang, misalnya pintu, tembok dan lain-lain.
·         Gunakan switch dimmer (lampu dim) secara bergantian agar lampu depan lewih awet karena panas dari lampu jauh dan lampu dekat akan menyebar dan tidak dalam satu lampu saja.
Sebagian ada juga yang beranggapan bahwa lampu utama yang menyala terus menerus cenderung menghabiskan aki dan berpotensi membakar mika pelindung lampu. Tetapi fitur ini sebenarnya telah dirancang sedemikian rupa oleh pihak produsen motor dengan memperhatikan pertimbangan dari berbagai sisi.
Komitmen Honda adalah menjamin keselamatan berkendara anda sekaligus mendukung program pemerintah.
4.  Cara Menonaktifkan Fitur AHO
Melakukan perubahan pada lampu motor Anda seperti menambahkan saklar on/off untuk mengatur sistem AHO tidak dianjurkan karena akan menghilangkan garansi kelistrikan pada motor anda. Selain itu, hal tersebut justru akan berdampak buruk pada motor anda terutama apabila anda salah memodifikasi sistem kelistrikannya.Apabila hal tersebut akan terjadi sistem konsleting yang mana akan berpengaruh pada sistem kelistrikan yang lain.
Jadi, berkendaralah secara aman dengan motor kesayangan Anda dan tetap patuhilah peraturan lalu lintas yang berlaku.
5.      Cara Kerja Automatic Headligt On

Dari skema diatas fungsi kata Otomatis Menyala akan benar-benar sesuai. Kita urutkan sistem kerjanya. Sebelum menyalakan motor tentu  kunci kontak terhubung. Berikutnya menghidupkan motor. Mesin menyala dan lampu belum menyala. Dari skema diatas terdapat bagian penting sebagai penerus tegangan listrik dari Spull lampu didalam mesin yang membutuhkan sensor dari Speedometer untuk membuka aliran listrik ke Headlamp. Dari sini bisa dikatakan kalau Spedometer belum ada pergerakan. Maka Lampu tidak bisa menyala dengan sendirinya.  Kalau Spedometer bergerak (roda berputar) maka Transistor akan melanjutkan aliran listrik ke Headlamp sehingga bisa menyala dengan sendirinya. Ini baru namanya Otomatis menyala. trus Jika akankah motor dilampu merah pasti mati sendiri?. Tentunya tidak sebelum kunci kontak dimatikan lampu tidak akan mati sendiri karena Transistor disini berfungsi sebagai gerbang pengaliran listrik dari spul. Selama Kunci kontak masih On dan Spull masih mengalirkan listrik.



Description: Description: D:\Umam_file\Dokumen Kuliah\tsm\micro-iso 1.jpg





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Fitur AHO (Automatic Headlight On) adalah fitur dimana lampu utama pada motor anda akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama kali dihidupkan.Pada fitur ini, fungsi saklar pada kemudi kanan yang biasa digunakan untuk menyalakan lampu utama sengaja dihilangkan. Dan diganti dengan saklar dimmer untuk mengurangi suhu panas pada lampu depan.

B.     Daftar Pustaka
http://sugimasihada.com/2011/12/28/aho-automatic-headlamp-on-seharusnya-begini/
http://otomotif-winanpati.blogspot.com/2011/12/laporan-praktek-kelistrikan-otomotif.html

http://www.hondacengkareng.com/fungsi-fitur-aho-pada-motor-honda/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar