MAKALAH
TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR
“TEKNOLOGI SISTEM PENERANGAN ( AUTOMATIC HEADLIGHT ON )”
Disusun oleh :
Khoirul Umam Fannani
14509134022
B
TEKNIK OTOMOTIF
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena
dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan
makalah tentang Teknologi Lampu AHO (Automatic Headligt On) ini dengan baik
meskipun banyak kekurangan didalamnya.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah
wawasan serta pengetahuan kita mengenai Teknologi Lampu AHO (Automatic Headligt
On). Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat
kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya
kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa
yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang
membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun
orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan
kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun
demi perbaikan di masa depan.
Yogyakarta, 23 Maret 2015
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sistem
kelistrikan pada sepeda motor merupakan
jantungnya sepeda motor agar bisa berfungsi sebagai alat transportasi.
Karena dengan adanya sistim kelistrikan tersebut maka fungsi mekanik lainnya
bisa bersinergi untuk bergerak. Suatu sistem
yang tidak kalah pentingnya dalam sepeda motor adalah sistem penerangan. Sistem
penerangan sangat diperlukan untuk keselamatan pengendaraan, khususnya di malam
hari dan juga untuk memberi isyarat/tanda pada kendaraan lainnya.
Untuk sekarang ini banyak sekali
teknologi tentang sistem penerangan pada sepeda motor. Beberapa belakangan ini
sepeda motor mengenanl teknologi sistem penerangan sepeda motor tentang AHO (
Automatic Headlight On ). Artinya jika mesin motor dihidupkan maka secara
bersamaan lampu utama/head lamp akan ikut menyala. Sekarang ini ada peraturan pemerintah no 22 seputaran lampu utama/head lamp harus
menyala ketika siang hari. Hal ini sebenarnya dilakukan oleh para produsen
motor di Indonesia termasuk PT AHM, guna mendukung Safety Riding program sesuai
dengan UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan
Jalan yang mengatakan bahwa: “Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan
sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib
menyalakan lampu utama pada siang hari.”
B. RumusanMasalah
1. Apakah pengertian sistem penerangan pada sepeda motor?
2. Apakah fungsi sistem penerangan pada sepeda motor?
3. Apakah pengertian teknologi AHO (Automatic Headlight On)?
4. Bagaimana cara kerja sistem penerangan AHO (Automatic Headlight On)?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui fungsi sistem penerangan sepeda motor
2. Untuk mengetahui cara kerja sistem pada sepeda motor
3. Untuk mengetahui teknologi automatic headlight on
4. Untuk mengetahui cara kerja teknologi AHO (Automatic Headlight On)
BAB II
PEMBAHSAN
A. Landasan teori sistem penerangan (lighting system)
Suatu sistem yang tidak kalah pentingnya dalam sepeda
motor adalah sistem penerangan. Sistem penerangan sangat diperlukan untuk
keselamatan pengendaraan, khususnya di malam hari dan juga untuk memberi
isyarat/tanda pada kendaraan lainnya. Sistem penerangan pada sepeda motor dibagi
menjadi dua fungsi, yaitu: sebagai penerangan (illumination) dan 2) sebagai
pemberi isyarat/peringatan (signalling/warning).
Yang termasuk ke dalam fungsi penerangan antara lain:
Yang termasuk ke dalam fungsi penerangan antara lain:
1. 1. Headlight (lampu kepala/depan)
2. Taillight
(lampu belakang),
3. Instrument lights (lampu-lampu instrumen).
Sedangkan yang termasuk ke dalam fungsi pemberi
isyarat antara lain;
1. Brake light (lampu rem)
2. Turn signals (lampu sein/tanda belok)
3. Oil pressure dan level light (lampu tanda tekanan
dan level oil)
4. Netral light (lampu netral untuk transmisi/perseneling)
5. Charging light (lampu tanda pengisian). Tidak semua
sepeda motor dilengkapi charging light.
6. Untuk sistem yang lebih komplit, misalnya pada
sepeda motor dengan sistem bahan bakar tipe injeksi (EFI) , kadang-kadang
terdapat juga hazard lamp (lampu hazard/tanda bahaya), low fuel warnig (pemberi
peringatan bahan bakar sudah hampir kosong), temperature warning (pemberi
peringatan suhu), electronic fault warning (pemberi peringatan terjadinya
kesalahan/masalah pada komponen elektronik), dan sebagainya.
B.
Teknologi
Sistem Penerangan Automatic Headligt On ( AHO )
1. Pengertian Fitur AHO
Fitur AHO (Automatic Headlight On) adalah fitur dimana lampu utama
pada motor anda akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama
kali dihidupkan.Pada fitur ini, fungsi saklar pada kemudi kanan yang biasa
digunakan untuk menyalakan lampu utama sengaja dihilangkan. Dan diganti dengan saklar
dimmer untuk mengurangi suhu panas pada lampu depan.
2. Manfaat Fitur AHO
Sesuai dengan komitmen produsen sepeda motor untuk turut menjamin
keselamatan berkendara sekaligus mendukung program pemerintah, menyalakan lampu
pada siang hari pada dasarnya akan mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas
akibat kelalaian pengendara yang tidak menyadari adanya kendaraan lain di depan
dan di belakangnya.Dengan adanya sinyal lampu yang diberikan, akan memudahkan
pengendara lainnya untuk memahami kondisi lalu lintas sehingga dapat mengambil
tindakan yang lebih aman.
3. Cara Merawat Lampu AHO
·
Jangan
membersihkan kaca lampu depan saat kondisi lampu masih panas
·
Jangan menutup
lampu depan pada saat lampu sedang menyala dengan penutup, misalnya kain, jas
hujan dan lain-lain.
·
Jangan
menyalakan lampu bedekatang dengan penghalang, misalnya pintu, tembok dan
lain-lain.
·
Gunakan switch
dimmer (lampu dim) secara bergantian agar lampu depan lewih awet karena panas
dari lampu jauh dan lampu dekat akan menyebar dan tidak dalam satu lampu saja.
Sebagian ada juga yang beranggapan bahwa lampu utama yang menyala terus
menerus cenderung menghabiskan aki dan berpotensi membakar mika pelindung
lampu. Tetapi fitur ini sebenarnya telah dirancang sedemikian rupa oleh pihak
produsen motor dengan memperhatikan pertimbangan dari berbagai sisi.
Komitmen Honda adalah
menjamin keselamatan berkendara anda sekaligus mendukung program pemerintah.
4. Cara Menonaktifkan Fitur AHO
Melakukan perubahan pada
lampu motor Anda seperti menambahkan saklar on/off untuk mengatur sistem AHO
tidak dianjurkan karena akan menghilangkan garansi kelistrikan pada motor anda.
Selain itu, hal tersebut justru akan berdampak buruk pada motor anda terutama
apabila anda salah memodifikasi sistem kelistrikannya.Apabila hal tersebut akan
terjadi sistem konsleting yang mana akan berpengaruh pada sistem kelistrikan
yang lain.
Jadi, berkendaralah
secara aman dengan motor kesayangan Anda dan tetap patuhilah peraturan lalu
lintas yang berlaku.
5. Cara Kerja Automatic Headligt On
Dari skema
diatas fungsi kata Otomatis Menyala akan benar-benar sesuai. Kita urutkan
sistem kerjanya. Sebelum menyalakan motor tentu
kunci kontak terhubung. Berikutnya menghidupkan motor. Mesin menyala dan
lampu belum menyala. Dari skema diatas terdapat bagian penting sebagai penerus
tegangan listrik dari Spull lampu didalam mesin yang membutuhkan sensor dari
Speedometer untuk membuka aliran listrik ke Headlamp. Dari sini bisa dikatakan
kalau Spedometer belum ada pergerakan. Maka Lampu tidak bisa menyala dengan
sendirinya. Kalau Spedometer bergerak
(roda berputar) maka Transistor akan melanjutkan aliran listrik ke Headlamp
sehingga bisa menyala dengan sendirinya. Ini baru namanya Otomatis menyala. trus
Jika akankah motor dilampu merah pasti mati sendiri?. Tentunya tidak sebelum
kunci kontak dimatikan lampu tidak akan mati sendiri karena Transistor disini
berfungsi sebagai gerbang pengaliran listrik dari spul. Selama Kunci kontak
masih On dan Spull masih mengalirkan listrik.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Fitur AHO (Automatic Headlight On) adalah fitur dimana lampu utama
pada motor anda akan tetap menyala secara otomatis sejak mesin motor pertama
kali dihidupkan.Pada fitur ini, fungsi saklar pada kemudi kanan yang biasa
digunakan untuk menyalakan lampu utama sengaja dihilangkan. Dan diganti dengan saklar
dimmer untuk mengurangi suhu panas pada lampu depan.
B. Daftar Pustaka
http://sugimasihada.com/2011/12/28/aho-automatic-headlamp-on-seharusnya-begini/
http://otomotif-winanpati.blogspot.com/2011/12/laporan-praktek-kelistrikan-otomotif.html
http://www.hondacengkareng.com/fungsi-fitur-aho-pada-motor-honda/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar